Seputar Lomba Esai Mahasiswa Se-Kalimantan Barat

Lomba esai dengan tema “Harapan dan Tantangan Konservasi Kantong Semar yang Terancam Punah” ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Biologi – Fakultas MIPA, Universitas Tanjungpura, Pontianak. Panitia lomba esai ini terdiri atas mahasiswa biologi-Fakultas MIPA yang berjumlah 8 orang. Dalam pelaksanaan lomba, panitia menyampaikan informasi tentang lomba melalui berbagai media, antara lain: spanduk, backdrop, dan situs jejaring sosial. Penggunaan berbagai media ini diharapkan dapat meningkatkan minat partisipasi calon peserta di Kalimantan Barat. Lomba esai ini merupakan bagian dari program konservasi Nepenthes clipeata, kantong semar endemik Kalimantan Barat dan sepenuhnya dibiayai oleh the Rufford Small Grant Foundation.

Sebanyak 54 peserta yang memenuhi persyaratan lomba dan mengikuti tahapan penjurian. Peserta yang mengikuti lomba esai ini berasal dari berbagai perguruan tinggi di Kalimantan Barat, seperti Universitas Tanjungpura, Universitas Kapuas, Universitas Muhammadiyah, Universitas Panca Bhakti, STKIP PGRI Pontianak, Akademi Farmasi Yarsi, dan Politeknik Kesehatan Kalbar. Namun, sebagian besar peserta yang berpartisipasi dalam lomba ini berasal dari Universitas Tanjungpura.

Juri yang menilai lomba esai ini terdiri atas tiga orang yaitu Ibu Mukarlina, S.Si, M.Si (dosen pada Program Studi Biologi-Fakultas MIPA), Ibu Niken Wuri Handayani, S.Si, M.Si (Pengendali Ekosistem Hutan pada Balai KSDA Kalimantan Barat) dan Bapak Albertus Tjiu (WWF-Kalbar). Dalam proses penjurian, masing-masing juri menilai seluruh naskah yang telah diberi kode tertentu untuk menghindari juri mengetahui nama dan asal perguruan tinggi dari peserta. Penentuan pemenang lomba hanya didasarkan atas penilaian dewan juri tersebut di atas.

Secara umum, naskah esai yang diterima panitia menarik dan inspirasional. Ide-ide segar dari peserta sangat berarti bagi pengembangan program konservasi kantong semar di Kalimantan Barat. Semoga lomba esai ini mampu menggugah motivasi dan semangat generasi muda, khususnya mahasiswa, dalam konservasi kantong semar di Kalimantan Barat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s