Lestarikan Kantong Semar

Pontianak Post, Jum’at 27 Januari 2012

SINTANG – Kantong semar, tanaman hutan yang mulai langka tergerus zaman. salah satu langkah agar tetap lestari adalah melalui budidaya. Untuk itu, Jurusan/Program Studi Biologi Fakultas MIPA Universitas Tanjungpura menyelenggarakan pelatihan budidaya kantong semar bagi masyarakat sekitar Taman Wisata Alam (TWA) Bukit Kelam, Sintang, belum lama ini.

Pelatihan budidaya kantong semar yang memperoleh dukungan pendanaan dari the Rufford Small Grant Foundation diikuti oleh 20 peserta yang sebagian besar adalah masyarakat khususnya generasi muda yang tinggal di sekitar TWA Bukit Kelam. TWA Bukit Kelam merupakan rumah bagi berbagai jenis kantong semar termasuk Nepenthes clipeata yang tergolong paling terancam punah di Kalimantan.

Kegiatan pelatihan yang digelar selama 2 hari ini menghadirkan 2 instruktur dari luar Program Studi Biologi, yaitu Husein Dwi Husainar (Pengendali Ekosistem Hutan pada Seksi Konservasi Wilayah II Sintang) dan Firwan Harisandy (penggiat budidaya kantong semar). Selama pelatihan, peserta tidak hanya mendapatkan materi terkait teknik budidaya kantong semar tetapi juga materi konservasi dan tata usaha peredaran tumbuhan dan satwa liar.

Dalam laporannya, Irwan menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk implementasi salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian kepada Masyarakat dengan tema kegiatan yang berfokus pada pelestarian jenis-jenis kantong semar. Irwan menambahkan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari rangkaian program konservasi Nepenthes clipeata yang mendapat dukungan dari berbagai pihak termasuk Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Barat. Hal senada juga disampaikan oleh Siti Khotimah dari Program Studi Biologi. “Upaya pelestarian kantong semar sangat diperlukan untuk mengantisipasi kepunahan jenis sebagai akibat dari pemanfaatan yang tidakberkelanjutan” imbuh dosen mikrobiologi ini.

Sebelum membuka acara pelatihan ini secara resmi, Camat Kelam Permai Ibu Hendrika berpesan kepada para peserta agar bersama-sama menjaga kelestarian kantong semar termasuk Nepenthes clipeata yang merupakan kebanggaan masyarakat kota Sintang. “Mudah-mudahan melalui kegiatan ini peserta dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh sehingga nantinya bisa melakukan upaya budidaya kantong semar sendiri” harapnya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s