Tumbuhan Dilindungi untuk Ikon Daerah

logo

Pontianak Post, Sabtu 11 April 2009

Provinsi Kalimantan Barat menyimpan potensi sumber daya alam hayati yang tinggi termasuk berbagai jenis tumbuhan liar yang tergolong dilindungi oleh pemerintah. Bunga bangkai (Amorphophallus sp), Rafflesia spp, kantong semar (Nepenthes spp), anggrek hitam (Coelogyne pandurata), anggrek ekor tikus (Paraphalaenopsis serpentilingua), anggrek tebu (Gramatophyllum speciosum) merupakan beberapa jenis tumbuhan liar dilindungi yang ditemukan di berbagai tipe ekosistem di Kalimantan Barat.

Tumbuhan dilindungi khas Kalimantan Barat memiliki nilai estetik yang tinggi karena keunikannya yang mengagumkan. Entuyut atau kantong semar, misalnya, merupakan tumbuhan karnivor yang memiliki organ berupa kantong dengan warna dan bentuk yang beranekaragam tergantung jenisnya. Karena kekhasan dan status konservasinya yang tergolong dilindungi, tumbuhan liar Kalimantan Barat layak untuk dipertimbangkan sebagai ikon daerah. Rafflesia sp, contohnya, mungkin dapat diusulkan sebagai ikon daerah Kota Singkawang. Kabupaten Sintang juga dapat mengusung kantong semar klipeata (Nepenthes clipeata) sebagai lambang kebanggaan daerah.

Penetapan ikon daerah berupa tumbuhan liar dilindungi memiliki nilai strategis dalam kehidupan masyarakat di daerah. Selain akan menggugah kesadartahuan masyarakat dalam menjaga dan melestarikan tumbuhan dilindungi dari kepunahan, ikon tersebut dapat menjadi sumber inspirasi bagi para pekerja seni dan mencerminkan kebanggaan masyarakat daerah atas potensi sumber daya alam hayati yang dimiliki. Mari bersama kita usung tumbuhan dilindungi sebagai ikon daerah dalam rangka menyelamatkan tumbuhan tersebut dari kepunahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s