Tumbuhan Dilindungi Khas Kalimantan Barat

logo

Pontianak Post, Senin 27 Juli 2009

Tahukah Anda bahwa Provinsi Kalimantan Barat merupakan “rumah” bagi berbagai jenis tumbuhan liar yang tergolong dilindungi oleh pemerintah? Beberapa jenis tumbuhan dilindungi yang mungkin pernah Anda jumpai, antara lain: anggrek tebu atau macan (Grammatophylum speciosum), anggrek hitam (Coelogyne pandurata), anggrek ekor tikus (Paraphalaenopsis denevei), kantong semar (Nepenthes spp), dan Rafflesia (Rafflesia sp). Jenis tumbuhan yang disebutkan di atas berstatus dilindungi karena memiliki wilayah penyebaran yang terbatas dan jumlah individu (populasi) di alam yang tergolong rendah. Kantong semar klipeata (Nepenthes clipeata), misalnya, hanya dapat dijumpai di Kabupaten Sintang dengan populasi yang sangat rendah dan terancam punah. Populasi alami anggrek ekor tikus yang berasal dari Kabupaten Sintang juga memiliki kondisi serupa.

Dengan menyandang status dilindungi ini, jenis-jenis tumbuhan yang disebutkan terdahulu tidak diperkenankan untuk diangkut, dipelihara dan diperniagakan sebagaimana tertuang dalam UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Walaupun demikian, para pecinta tanaman hias masih mungkin untuk mengkoleksi tumbuhan dilindungi jika tumbuhan tersebut merupakan hasil budidaya yang mendapatkan izin dari Departemen Kehutanan. Informasi lengkap tentang perijinan budidaya tumbuhan dilindungi dapat diperoleh di kantor Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Kalimantan Barat di Jl. A. Yani No. 121 Pontianak atau kantor-kantor KSDA Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I Ketapang, SKW II Sintang dan SKW III Singkawang.

3 thoughts on “Tumbuhan Dilindungi Khas Kalimantan Barat

  1. Sayang, blog ini dibiarkan merana tak terurus, informasi yang berguna ini akan menjadi “sampah” jika dibiarkan begini terus :oops;

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s